Home / News / Situs Klotok Siap Dikelola Pemkot dan Perhutani

Situs Klotok Siap Dikelola Pemkot dan Perhutani

Kediri — Penemuan beberapa benda bersejarah dikawasan Gunung Klotok,  Mojoroto Kota Kediri sejak beberapa tahun lalu belum tergarap. Pemerintah Kota Kediri mengaku masih menunggu surat izin pengelolaan dari pihak Perhutani . Sebab kawasan tersebut masuk dalam teritorial KPH Kediri .
Kepala Dinas Pariwisata Kota Kediri Nur Muhyar  mengatakan, pihaknya telah mengajukan surat permohonan pengelolaan bersama pada kawasan dimana situs tersebut ditemukan, namun sayangnya hingga saat ini belum ada balasan dari pihak Perhutani .
Lebih lanjut Nur Muhyar menjelaskan, langkah pertama yang akan dilakukan adalah membuat akses jalan untuk melakukan eskafasi dengan melibatkan arkeologi,  selanjutnya penemuan akan dirangkai dengan rangkaian sejarah  Gua  Selomangleng.
“Sikap Pemerintah yang menginginkan untuk mengelola kawasan tempat ditemukan nya beberapa benda yang memiliki nilai sejarah ini,  karena pemerintah yakin jika penemuan itu hubungan erat dengan situs Gua Selomangleng ,”ujarnya.
 
Sebelumnya Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan dalam peninjauanya  menduga, bangunan menyerupai candi di puncak Gunung Klothok, Kediri, adalah peninggalan zaman Hindu-Budha yang berkembang pada abad 10 hingga awal abad 15.  Ketika itu BP3 berhasil diindentifikasi temuan 1 buah struktur bata, sehingga dari singkapan tanah sisi barat dan selatan gundukan tanah tersebut nampak ada tatanan bata yang sepertinya membentuk struktur berbentuk segi empat.(ak/pd)

Check Also

Santuni Anak Yatim, Walikota Kediri Ngajak Ngaji Bersama

Kediri – – Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar buka puasa bersama ratusan anak yatim se-Kota …