Beberapa Tips dan Teknik Melahirkan Anak

Kedirijaya.com – Menghadapi proses persalinan memerlukan banyak persiapan secara mental maupun fisik ibu hamil agar proses tersebut berjalan normal dan berujung pada kebahagian dengan hadirnya buah hati ke dunia. Ada beberapa hal yang dapat menjadi tips melahirkan anak yang berguna bagi ibu hamil saat menghadapi persalinan sebagaimana yang tertuang dalam artikel ini.

Sebagian besar ibu hamil mengharapkan bayi lahir secara normal atau spontan (teknik melahirkan anak tanpa komplikasi). Karena cara melahirkan anak dengan spontan atau normal merupakan cara yang paling aman bagi bayi dan ibu, selain itu juga membuat ibu kembali sehat dengan lebih cepat. Namun apapun teknik melahirkan anak yang akan digunakan, Jika ibu hamil sudah mulai merasakan tanda-tanda awal persalinan (seperti kontraksi, keluar cairan atau darah) maka berikut ini beberapa tips melahirkan anak yang dapat digunakan.

* Bersegeralah mencari dokter atau bidan yang benar-benar profesional.
* Jika rasa sakit yang dirasakan masih ringan, berjalan-jalan justru akan mengurangi rasa sakit tersebut sekaligus mempercepat lahirnya buah hati
* Jika ibu hamil ingin beristirahat, ambilah posisi yang paling nyaman misalnya dengan duduk bersandar atau berbaring. Peran suami juga penting di dalam fase ini. Saat ibu hamil beristirahat maka usapan tangan suami di perutnya yang sakit akan memberi ketenangan bagi ibu hamil. Selain itu itu juga menghindarkan ibu hamil dari kelelahan dan stres.
* Minuman hangat dan pijatan. Tips melahirkan anak ini juga dapat dilakukan untuk memberikan rasa nyaman bagi ibu hamil. Minuman hangat dan manis akan membuat tubuh ibu hamil nyaman dan bertenaga, sementara pijatan memberi relaksasi bagi otot-otot tubuh.
* Ikuti instruksi yang diberikan oleh dokter atau bidan selama memandu cara melahirkan anak, misalnya cara mengejan, bernafas, mengangkat kaki atau meletakkan bokong.
* Dalam teknik melahirkan anak secara normal atau spontan, pastikan tubuh ibu hamil dalam posisi yang benar. Karena posisi tubuh akan mempengaruhi kelancaran poses tadi.
* Ajaklah suami ikut serta dan mendampingi ibu hamil selama persalinan untuk memberikan ketenangan dan dukungan bagi ibu.

Sementara itu, saat ini sudah banyak teknik melahirkan anak yang menjadi pilihan para orang tua, di antaranya teknik melahirkan anak spontan, forceps, teknik melahirkan anak di air dan operasi caecar.
Teknik melahirkan anak secara spontan.

Teknik ini merupakan yang paling umum dilakukan oleh masyarakat. Di dalam teknik ini, bayi lahir secara spontan keluar dari rahim ibu. Yang perlu dilakukan dalam teknik ini adalah mengatur posisi tubuh serta teknik pernafasan ibu. Untuk posisi tubuh, dalam proses persalinan ini, ada beberapa posisi tubuh yang dapat digunakan, yaitu berbaring di tempat tidur dengan kaki tertekuk dan terbuka ke atas, setengah duduk sembari tangan menggenggam pergelangan kaki, jongkok atau posisi tubuh bersujud.

Forceps.
Ada beberapa kondisi yang membuat ibu hamil memerlukan bantuan alat-alat medis selama menjalani proses persalinan, salah satunya adalah porceps. Porceps adalah sebuah alat yang dirancang untuk menjepit kepala bayi sehingga dokter mudah mengeluarkan bayi dari jalan lahir. Biasanya cara melahirkan anak seperti ini digunakan pada ibu hamil yang kehilangan tenaga atau kelelahan di tengah proses persalin.

Water birth.
Cara melahirkan anak “water birth” merupakan proses persalinan spontan yang dilakukan sambil berendam di air hangat. Ibu hamil duduk dan bersandar di dalam kolam air hangat hingga bayi keluar dari rahim. Teknik melahirkan anak ini kini banyak diminati karena dianggap lebih aman bagi bayi dan memberikan rasa sakit yang lebih sedikit bagi ibu.

Operasi caecar.
Cara melahirkan anak ini berarti menggunakan teknik pembedahan di bagian perut ibu hamil. Teknik melahirkan anak dengan operasi caecar digunakan hanya jika ibu hamil atau bayi mengalami komplikasi seperti bayi berukuran terlalu besar, sungsang, ibu menderita hipertensi atau plasenta previa.(aac)

Berita menarik lain:

Rusunawa Dandangan Disatroni Pencuri

Kediri (kedirijaya.com) — Aksi pencurian diareal Rumah sistem sewa (rusunawa) Kelurahan Dandangan Kota Kediri berhasil digagalkan warga setempat. Warga dan pihak kepolisian berhasil mengamankan Boniran (42) warga Kelurahan Pakelan...

Satu Formulir Bacalon Walikota Dari PDIP Terambil

Kediri(kedirijaya.com)–Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) resmi membuka pendaftaran bagi para warga masyarakat yang ingin mencalonkan diri sebagai Walikota dalam Pilwali Agustus 2013 mendatang. Pendaftaran yang dibuka...

Tarikan Iuran Uang Pensiun: Walikota “Panggil” Kepala Sekolah SD Tamanan

Kediri (kedirijaya.com) – Adanya informasi dari masyarakat terkait pungutan iuran untuk tanda jasa bagi guru yang pensiun maupun dimutasi di SD Negeri Tamanan, Kecamatan Mojoroto Kota Kediri langsung mendapat...

Pembangunan Jembatan “Mandeg”, Perahu Wisata Brantas Tak Dapat Berpromosi

Kediri (kedirijaya.com)– Molornya pembangunan Jembatan Brawijaya Kota Kediri, Jawa Timur membunuh usaha perahu wisata air di Sungai Brantas. Pemilik usaha tidak dapat melakukan promosi, karena harus menunggu proyek berdana...
.

Ads