Sulit Memahami Soal UASBN, Pelajar SLB Kota Kediri dibantu Guru

Kediri (kedirijaya.com) – Sulitnya memahami soal UASBN 2010, para pelajar Sekolah Dasar Luar Biasa (SLB) Putra Asih Kota Kediri terpaksa dibantu guru untuk membacakan soalnya berulang-ulang.

Selain adanya peran serta guru dalam UASBN, pelaksanaan ujian hari pertama di SDLB yang berada di Jl. Medang Kamulan Kelurahan Balowerti, Kota Kediri tersebut juga berjalan lambat. Para siswa-siswi yang menderita cacat mental (Tuna Grahita) juga kurang memiliki kompetensi.

“Naskah soalnya langsung didrop dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Karena dirasa sulit, akhirnya para guru membantu mereka untuk membacakan naskah soal satu per satu,” ujar Kepala Sekolah SLB C Putra Asih Suwardi, Selasa (4/5/10).

Naskah ujiannya meliputi, mata ujian IPA, IPS, Matematika dan PPKN. Sedangkan untuk sekolah diberi kewenangan untuk menyusun sendiri ujian Keterampilan, Agama, Jasmani dan Kesehatan serta Muatan Lokal (Mulok). Naskah soal bagi para siswa tersebut berbeda dengan naskah soal bagi siswa umum.

SLB Putra Asih sendiri membawahi jenjang pendidikan SD sampai SMA khusus penderita Tuna Grahita. Penderita sendiri mulai dari sedang maupun ringan. “Mereka mengalami kemampuan psikis, sehingga pola pendidikan yang kami terapkan condong pada ketrampila diri,” terang Suwardi.

Penekanan pada kemampuan bina diri tersebut, imbuh Suwardi  agar mereka mampu dalam mengurus diri dalam keseharian mereka. Karena tingkat kemampuan mereka berbeda-beda, pelayanannya pun dibutuhkan  per-individu. Sementara itu, pada UASBN hari pertama ini, dari empat siswa yang terdaftar ikut ujian, yang hadir tiga siswa. (nb)

Berita menarik lain:

Pegadaian Dibanjiri Nasabah

Kediri (kedirijaya.com) -Transaksi di Kantor Pegadaian Cabang Kediri per harinya mencapai Rp 250 juta dan ratusan pelanggan menyerbu untuk melakukan pelunasan paska libur panjang lebaran tahun ini. Pimpinan Pegadaian...

Persik Berniat Gabung LPI

Kediri (kedirijaya.com) – Penyetopan kucuran dana hibah dari APBD bagi klub-klub sepakbola cukup berdampak negatif terhadap laju tumbuh kembangnya tim yang berlaga di bawah naungan PSSI. Kondisi ini juga...

Rintis Kampus Di Kediri, UB Sewa Gedung SD Dan Mts

Kediri (kedirijaya.com) – Layaknya membuka perkuliahan kelas jauh, Universitas Brawijaya berencana akan mengawali perkuliahan bulan Juli 2011 nanti dengan menempati ruang Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 dan 2 Kelurahan...

Jadilah Karyawan yang Disukai

Kedirijaya.com – SUKSES tak bisa diraih sendiri. Butuh dukungan dan respek orang-orang sekeliling Anda. Hal ini mendasari pentingnya membangun hubungan baik dengan lingkungan kerja. Bekerja itu penting, tapi bersosialisasi...
.

Ads